Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menentukan Niche Blog

Saturday, August 25, 2012

Ada beberapa hal perlu diperhatikan dalam menentukan niche suatu blog. Ada kalanya kita perlu untuk memperhatikan hal yang berikut ini. Apa saja itu? Nah dibawah ini beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam menentukan niche blog versi saya sendiri. Saya uraikan secara amburadul saja ya he..

Awal pertanyaan adalah, apa hobimu? Jika kamu suka dengan olahraga, pilih saja niche olahraga, suka dengan kesehatan, pilih saja niche kesehatan, pokoknya macam-macam lah. Tentukan saja sendiri. Sesuatu yang kita kerjakan karena hobi atau suka pasti hasilnya akan lebih maksimal. Saya kira sobat sependapat dengan hal ini.

posting blogger


Saya sangat menghindari niche umum, kenapa? karena blog ini. Blog ini niche umum. Saya kira sebelumnya dengan memiliki niche umum saya bisa posting banyak dan tentang apa saja. Tapi kenyataannya berbeda. Terkadang di otakku banyak sekali yang ingin saya posting, tapi akhirnya tak satupun yang saya posting, akibatnya blog jelek ini jarang update.

Itu sich menurut saya, sobat bisa saja berbeda. Lagi pula dengan artikel blog ini yang sedikit dan niche amburadul, saya menjadi sulit untuk nge-link sesama artikel. Karena semua artikel berbeda-beda, kalau tidak salah, tidak ada artikel di blog ini yang nge-link ke artikel lainnya. Lah apanya yang mau dilink? nggak ada yang relevan. Nge-link sembarangan bisa ditendang Google.

Kalau niche-nya spesifik kan enak, kata kunci semakin kuat pengulangannya dan artikel-artikelnya "mirip" dan bisa di link satu sama lain. Yang saya posting ini bukan tentang SEO lho, karena saya bukan pakarnya. Tujuannya bukan untuk menentukan posisi SERP tapi untuk berfikir kembali intensitas posting kita nantinya. Malas atau tidak.

Nah, ini ada satu contoh blog yang ber-niche militer. www.artileri.org . Bukan bermaksud promosi lho. Blog itu saja juga yang kelola. Lihat postingnya, setiap hari. Bukan karena terpaksa, tapi lebih karena didasari oleh minat. Umur blog yang satu ini kalau tidak salah cuma berbeda 2 atau 3 bulan, tapi kualitasnya sangat berbeda jauh. Bukan berarti blog saya yang militer itu sudah baik, tapi masih jauh lebih baik bila cuma dibandingkan dengan blog ini. Karena apa? karena posting blog ini kalah jauh dengan posting blog saya yang satu itu. Saya kurang memahami SEO jadi saya hanya memperbanyak artikel untuk harapan posisi SERP yang lebih baik dan lebih tahan lama.

Memilih niche yang bukan hobi kita juga tidak masalah, asal ada motivasi lain yang menguatkan kita untuk membangun blog tersebut. Bisa karena orang lain atau yang paling blogger seeperti saya suka adalah karena uang hehe... Ini motivasi saya. Step by step sajalah untuk membangun sebuah blog dengan niche yang kurang kita pahami, hitung-hitung belajar dan menambah informasi. Lagipula disitu ada kemauan, disitu ada jalan.

Ok sekian dulu, kritik saran dan ejekan bisa sobat layangkan di komentar. Terimakasih

4 comments:

  1. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete
  2. Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    ReplyDelete
  3. Halo, nama saya Setiabudi, saya telah ditipu 8 Juta karena aku butuh modal besar dari 40 Juta, bisnis saya hancur sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya dan suami saya ke Mrs Alexandra yang akhirnya membantu kami mendapatkan pinjaman dalam dirinya perusahaan, jika Anda membutuhkan pinjaman dan kontak pinjaman dijamin ibu yang baik Alexandra melalui email perusahaan.

    alexandraestherloanltdd@gmail.com
    alexandraestherfastservice@cash4u.com,

    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com informasi atau saran yang perlu Anda ketahui.
    Terima kasih .

    ReplyDelete
  4. Ane setuju dengan ente gan. Blog ane dengan niche lirik lagu memiliki posisi SERP yang lumayan kuat di search engine. Jika kita fokus ke salah satu nice, maka hal ini akan membantu dalam SEO on page.

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015. Alur Kecil.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License
DMCA.com