Thursday, September 20, 2012

Jangan Bingung dengan Istilah AM dan PM

Istilah pembagian waktu AM dan PM ini kebanyakan dipakai oleh negara-negara di Eropa, Amerika Serikat dan sebagian Asia. Terkadang hal ini cukup membingungkan bagi orang-orang seperti kita yang tidak memakai pembagian waktu seperti itu. Jika di Indonesia, kita tidak memakai pembagian waktu dalam 1 hari penuh, tidak memakai istilah AM dan PM, yang kita kenal adalah 24 jam penuh. Jika disebutkan pukul 22.00, artinya itu jam 10 malam.
AM-PM

Bagaimana dengan istilah AM dan PM? Sebenarnya ini bukanlah istilah rumit. Cuma kita saja yang sering lupa dengan yang mana AM dan yang mana PM. Jika disebutkan jam 5 AM, diwaktu sore atau waktu subuh kah itu? Ya betul, itu artinya jam 5 di waktu subuh.

Berikut pengertian AM dan PM

AM = Ante Meridiem (Latin: "Before mid day," Inggris: "Before noon," Indonesia:"Sebelum tengah hari").
PM = Post Meridiem (Latin: "After mid day," Inggris: "After noon," Indonesia:"Setelah tengah hari").

AM dimulai dari 00:00:00 hingga pukul 11:59:59, sedangkan PM dimulai dari 12:00:00 sampai dengan 23:59:59. Jadi jam 12 siang adalah 12 PM dan jam 12 malam adalah 12 AM

Saya yakin sobat-sobat sudah mengetahui definisi dari AM-PM ini. Hanya saja, sebagian sobat mungkin sering lupa dengan istilah ini walaupun secara definisi harfiah sobat sudah mengetahuinya dengan jelas. Seperti saya, sejak dulu saya sudah tahu dengan definisi AM-PM ini tapi, masih sering tertukar antara yang mana AM dan yang mana PM.

Akhirnya saya membuat cara mengingat sendiri, saya cuma ambil patokan AM saja. AM saya definisikan sebagai "After Night", ya huruf M dari AM saya plesetkan menjadi huruf N untuk Night. Dengan itu saya tidak "tertipu" lagi dengan pembagian waktu AM-PM ini.


1 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More