Sunday, January 20, 2013

Tips Koreksi Salah Ketik atau Ejaan dalam Tulisan

Salah ketik atau salah ejaan merupakan hal yang lumrah dalam pengetikan. Hal ini bisa disebabkan karena keyboard yang bermasalah, misalnya salah satu tombol keyboard butuh penekanan yang lebih keras/macet, atau memang karena jari salah atau kurang kuat dalam menekan tombol keyboard.

Bahkan seseorang yang mahir dalam mengetik sekali pun tidak luput dari kesalahan ini. Artikel atau tulisan yang di dalamnya terdapat ejaan salah ketik terkadang dipandang tidak profesional walaupun isi dari artikel tersebut adalah suatu informasi atau ilmu yang berharga.

Beberapa buku atau website besar yang kita baca juga terkadang tidak luput dari kesalahan ini. Sampai-sampai beberapa website besar menampilkan menu koreksi penulisan bagi para pembacanya dengan cara si pembaca memblok ejaan atau tulisan yang salah ketik, dengan menekan Ctrl dan Enter pada keyboard, lalu si pembaca mengirimkan kalimat atau ejaan yang benar (soal yang ini bisa kita bahas di lain waktu).

Koreksi manual bisa saja dilakukan setelah pengetikan selesai, namun terkadang koreksi seperti ini terkadang masih menyisakan ejaan yang salah dan butuh waktu jika tulisan tersebut panjang, karena terkadang mata kita tertipu. Jika untuk tulisan dalam bahasa Inggris, mudah, kita tinggal menggunakan fitur check spelling di MS Word, kata-kata yang berkemungkinan besar berejaan salah akan digaris bawahi (garis gelombang merah) di MS Word. Tapi bagaimana dengan bahasa Indonesia?

Berikut tips sederhana namun saya kira cukup bermanfaat untuk memperbaki kesalahan dalam pengetikan : 
  1. Copy seluruh tulisan Anda yang ingin di koreksi
  2. Buka Google Translate, pilih opsi terjemah dari Indonesia ke Inggris, lalu pastekan tulisan Anda di kolom yang ingin diterjemahkan.
  3. Copy hasil terjemah dalam bahasa Inggris-nya, lalu paste-kan ke MS Word lalu gunakan fitur "Spelling and Grammar" atau yang lebih simpel cukup tekan tombol F7 pada keyboard (biasanya setting standar MS Word sudah otomatis disetting dengan fitur ini).
Contoh saya ingin mengoreksi kalimat ini : "Indonesia memproklamasikan kemerdekannya pada tahun 1945. Proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Ir. Soekarno". Hasil terjemah dalam bahasa Inggris-nya adalah : "Indonesia declared kemerdekannya in 1945. Proclamation of Independence was read by Ir. Sukarno in the eastern Pegangsaan." Ketika di cek di MS Word, maka hasilnya adalah "Indonesia declared kemerdekannya in 1945. Proclamation of Independence was read by Ir. Sukarno in the eastern Pegangsaan."

Koreksi ejaan yang salah dengan MS Word
Koreksi ejaan yang salah dengan MS Word
Nah, kata-kata yang dianggap salah akan digarisbawahi oleh MS Word. Kata-kata yang digarisbawahi dalam contoh kalimat diatas adalah "kemerdekannya" dan "Pegangsaan." Kedua kata tersebut tidak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa inggris karena ejaannya tidak ada dalam database Google Translate. Kini Anda sudah bisa menemukan kata-kata yang salah dalam tulisan Anda. Selanjutnya tinggal diganti kata-kata tersebut dengan ejaan yang benar. Tidak semua kata-kata yang digarisbawahi oleh MS Word adalah kata-kata yang salah eja. Seperti contoh di atas, kata "Pegangsaan" juga digarisbawahi oleh MS Word, namun Anda bisa kan menilai mana kata salah atau tidak, karena "Pegangsaan" adalah nama tempat, jadi abaikan saja.

Coba bila seandainya Anda mengoreksi kata contoh kalimat diatas dengan manual. Bisa saja kata "kemerdekannya" akan terlewat, karena mata kita yang tertipu. Ok, cukup sekian, semoga artikel cara mengoreksi salah ketik ini bermanfaat bagi Anda sekalian. Bila ada pertanyaan, silahkan berkomentar di bawah.


2 comments:

makasih tipsnya gan-- sangat membantu orang seperti saya- #Baru_nyadar

gak kepikiran sebelumnya nih cara beginian

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More