Kenali Ciri dan Gejala Dehidrasi

Thursday, May 3, 2012

Saat matahari berada di atas kepala, perasaan haus dan panas akan menyerang tubuh. Hal ini mengakibatkan cairan dalam tubuh terus berkurang.Hilangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi pasti dialami setiap orang, terutama saat panas menjelang. Dehidrasi atau "hypohydration" terjadi saat air dalam tubuh tidak mencukupi untuk melakukan fungsi kerja tubuh secara normal sehingga mengalami kehilangan cairan tubuh yang berlebihan. 

minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi
Cukupi kebutuhan minum untuk mencegah dehidrasi
Ciri dan Gejala Dehidrasi
Ciri dan gejala-gejala dehidrasi yang biasa dialami antara lain sakit kepala, pusing, lesu, murung, daya respon rendah, saluran hidung kering, bibir kering, kulit kering dan pecah-pecah. Selain itu, urin (air kencing) dapat berwarna terlalu kuning atau gelap, tubuh lemah, letih dan tubuh tidak mampu membuang hasil sisa-sisa proses metabolisme yang beracun.

Kita harus bisa mengenali gejala dehidrasi, salah satu gejala awal yang paling dirasakan adalah haus. Ciri dan gejala dehidrasi antara pria dan wanita bisa berbeda-beda. Hal ini karena perbedaan fisiologi tubuh pria dan wanita.

Pengobatan Dehidrasi
Pengobatan dehidrasi pada prinsipnya adalah dengan penggantian cairan, yakni perbanyak minum. Bila gagal, maka dilakukan pemasukan cairan melalui infus. Keputusan untuk menggunakan cairan infus tergantung dari kondisi seseorang berdasarkan pemeriksaan dokter.

Bagaimana Mencegah Dehidrasi
Untuk mencegah dehidrasi, perbanyaklah minum air minimal delapan gelas per hari. Air yang diminum sebaiknya air putih biasa, bukan teh, kopi atau minuman bersoda. Sebab minuman-minuman seperti ini (khususnya kopi) mengandung kafein dan zat-zat lainnya yang menambah frekuensi kencing. Jika terlalu sering kencing, maka cairan tubuh akan semakin banyak yang hilang. Dan usakan untuk tidak meminum minuman yang terlalu manis karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika sampai terjadi, maka tubuh akan semakin lemas.

Saat hendak beraktivitas di luar ruangan, kita juga harus memperhatikan pakaian yang dikenakan yang bisa menyerap keringat. Jangan berlama-lama terkena sinar matahari dan usahakan untuk berlindung di tempat yang sejuk.

sumber gambar

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Alur Kecil.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License
DMCA.com