Kerugian dan Keuntungan Custom Domain Blogspot

Tuesday, November 20, 2012

Banyak hal yang mendasari seorang blogger untuk menganti nama blog blogspot-nya menjadi nama domain (TLD). Salah satunya adalah karena masalah image dan status

Berbicara soal monetize, blog dengan top level domain seperti com, net, org, atau yang co.id, web.id, memeliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengiklan ketimbang masih menggunakan subdomain seperti blog ini. karena beberapa broker periklanan dunia maya mensyaratkan hanya menerima blog dengan TLD, tentu juga mereka juga menilai visitor dan kualitasnya.

Kerugian dan Keuntungan Custom domain Blogspot
Ok, disini kita akan membicarakan kerugian dan keuntungan apabila meng-custom domain  di blogspot. Semua hal dibawah ini adalah hasil dari pengalaman saya sendiri.

Kerugian/dampak buruk :
  • Kehilangan visitor
  • Kehilangan Page Rank (PR)
  • Kehilangan pengiklan
  • Kehilangan posisi di SERP
Keuntungan/dampak baik :
  • Nama blog lebih mudah diingat dan terkesan istimewa dan serius
  • Mendapatkan pengiklan
  • Peluang klik di SERP lebih besar

Kerugian/Dampak Buruk Custom Domain Blogspot

Beberapa waktu setelah  Sobat meng-custom domain, blog akan kehilangan visitor dari mesin pencari sekitar 50% atau bahkan lebih dan berapapun PR blog Sobat sebelumnya, setelah di-custom domain maka akan kembali lagi menjadi 0, kecuali jika domain baru tersebut memang sudah memiliki PR.

Mengenai hilangnya posisi di SERP, saya akui itu memang terjadi. Katakanlah sewaktu masih bernama blogspot, artikel Sobat mendapat posisi pertama di SERP untuk kata kunci tertentu. Setelah di-custom domain, seiring waktu, indeks blog yang lama akan hilang dengan sendirinya. Sementara blog Sobat dengan domain baru belum terindeks atau terindeks namun tidak seluruhnya. Kemungkinan juga artikel di blog baru Sobat tersebut sudah diindeks namun tidak lagi menempati posisi pertama di SERP.

Sekarang tentang kehilangan pengiklan. Banyak broker periklanan tidak sefleksibel Google Adsense. Mereka (broker) hanya "tahu" dengan nama blog Sobat sebelumnya. Custom domain berarti nama baru, jadi tidak ada dalam database mereka walaupun kita tahu bahwa blog baru tersebut adalah redirect dari blog lama. Apabila  Sobat tetap memaksakan memasang iklan dari broker periklanan seperti itu, maka terkadang akan terjadi error (invalid domain) di slot iklan tersebut. Kecuali iklan dari Google Adsense, yang bisa dipasang di blog manapun. Jadi, mengganti bogspot dengan domain adalah hal yang cukup mengerikan he..

Tapi jangan takut, karena ada kabar baiknya juga. Dampak buruk seperti kehilangan  visitor, PR, posisi SERP hanya terjadi sementara. Menurut pengalaman saya, proses penormalan/pengindeksan kembali akan memakan waktu 1 hingga 3 bulan. Setelah itu semua akan kembali normal. Posisi SERP akan kembali seperti semula, tentunya dengan syarat posisi SERP artikel Sobat tersebut memang tidak dikalahkan oleh pesaing lain.

Bagaimana dengan PR yang hilang? Tenang sob, menurut pengalaman teman saya dan saya sendiri, PR yang lama akan ditransfer ke domain baru. Kapan ditransfer? Sewaktu Google update PR. Awalnya saya tidak begitu yakin dengan hal ini, namun setelah mengalaminya sendiri, saya percaya.

Jadi, sobat tidak perlu khawatir blog Sobat akan "KO" setelah di-custom domain. Oh iya mengenai hilangnya iklan, gak perlu cemas, cukup kirim support ke broker  tersebut, biasanya mereka akan langsung menerima dan informasi blog Sobat akan di update oleh mereka.


Keuntungan/Dampak Baik Custom Domain Blogspot

Yang pertama adalah alamat blog menjadi mudah diingat. Seseorang yang menemukan artikel Sobat di Google Search, biasanya mereka hanya melihat sekilas alamat blog tersebut atau bahkan tidak sama sekali. Nah, bila Sobat sudah menggunakan alamat blog dengan com (misalnya), maka kemungkinan untuk diingat oleh pengunjung menjadi lebih besar. Ingat, alamat di dunia internet itu identik dengan yang berakhiran com. Soal tip dalam memilih nama  dan ektensi domain, bisa Sobat temukan di artikel-artikel lain, banyak koq.

Mengenai peluang klik di search yang lebih besar, saya kira ini betul. Dari survei kecil saya terhadap beberapa user internet (non blogger) yang menggunakan search engine. Mereka yang cermat lebih suka mengklik hasil pencarian yang alamat blognya adalah TLD seperti com, bukan subdomain seperti blogspot, bila keduanya terlihat sama di search. Karena domain TLD itu mereka anggap lebih kredibel, walaupun kenyataannya tidak begitu.

Soal pengiklan, Sobat mungkin sudah tahu sediri lah. Beberapa broker periklanan lokal atau luar biasanya mensyaratkan blog dengan  domain TLD yang mereka terima sebagai publisher. Google Adsense juga lho, walaupun secara eksplisit mereka tidak mengatakan menolak subdomain untuk menjadi publishernya, namun pada kenyataannya hanya blog-blog dengan TLD lah yang memiliki peluang lebih besar untuk diterima.

OK sekian dulu, sudah capek saya nulis he.. Semoga bermanfaat. Bila ada pertanyaan, silahkan berkomentar di bawah. Mudah-mudahan saya dapat membantu.

9 comments:

  1. artikel yang bagus gan,. seperti blog aq juga gitu,. trus gmana cara agar blog cepat dapat visitor yg banyak gan.

    ReplyDelete
  2. Alur datangnya visitor baru saya kira dari tiga cara, search engine, social bookmark, dan media sosial seperti FB dan Twitter. Ketiganya perlu optimalisasi.

    Saya gambarkan sedikit optimalisasi dari search engine. Visitor blog ini tidak banyak, namun hampir 80 persen datang dari artikel-artikel yang saya tulis sendiri, bukan hasil rewrite atau penggabungan dari artikel-artikel lain. Tanpa backlink atau optimasi off page, beberapa keyword bahkan menempati posisi pertama.

    ReplyDelete
  3. mantap nih, bisa jadi pertimbangan bakal custom apa nggak. tapi enaknya custom apa nggak ya?? heheeheh

    ReplyDelete
  4. ikut nimbrung boss..izin yaa
    web saya rata-rata langsung costum domain ,jadi tidak khawatir masalah visitor,visitor web saya mencapai seribuan per hari,anda bisa melihatnya di sini :
    www.rajashioblog.com, itu hanya costum domain blogger saja.
    intinya langsung costum jika serius ingin ngeblog .
    terima kasih blognya boss

    ReplyDelete
  5. Mantab mas bro.. terima kasih atas ilmunya

    ReplyDelete
  6. Benar sob, saya sendiri mengalami hal diatas namun setelah 3 bulan blog kembali normal dan cenderung kuat di puncak SERP setelah custom. Salam kenal dari http://www.kiatkiat.com blog lama dengan alamat baru. :D

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015. Alur Kecil.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License
DMCA.com