Cara Mengetahui Kode Warna Pada Gambar

Friday, January 25, 2013

Seorang Blogger pemula seperti saya tentunya tidak lepas dari penggunaan kode-kode warna untuk mengatur/mempercantik tampilan blog. Namun sebuah kendala muncul ketika seorang Blogger pemula ingin mengganti sebuah warna di templatenya dengan warna yang dilihatnya pada suatu laman web/blog. Apa kode warna dari gambar tersebut? Saya juga ingin menggunakannya.

Bisa saja kita mencocokkannya dengan kode-kode warna yang situsnya bertebaran di internet -untuk mencarinya cukup ketikkan keyword "html colour code" atau "kode warna html"- namun terkadang hal itu membutuhkan waktu dan belum tentu tepat kode warnanya.

Nah, tanpa panjang lebar, saya uraikan sebuah cara mudah untuk mengetahui kode warna pada sebuah gambar/warna, yaitu dengan menggunakan tools Instant Eyedropper. Berikut langkahnya :

Kunjungi website Instant Eyedropper dan download aplikasinya (gratis), besar file tidak sampai 1 mb. Lalu install di komputer atau laptop sobat. Setelah proses penginstallan selesai, akan ada sebuah icon Instant Eyedropper di menu quick launch komputer Anda. Pasti kelihatan deh, bentuknya bulat dengan kombinasi warna merah, biru, hijau dan orange.

Icon Instant Eyedropper
Icon Instant Eyedropper (pertama dari kiri)
Jalankan Instant Eyedropper dengan cara klik dua kali dan tahan (klik kedua ditahan), lalu gerakkan mouse ke arah dan ke warna apa saja yang sedang tampil di layar komputer Anda. Disitu langsung otomatis muncul warna yang digunakan. Terakhir lepas klik mouse dan kode warna otomatis sudah tercopy, dan bisa di paste di mana saja. Lihat gambar.

Aplikasi Instant Eyedropper
Contoh kode warna dari header sebuah template dengan menggunakan Instant Eyedropper
Mudah kan, Anda bisa mengetahui semua kode warna dari gambar/warna yang Anda lihat. Wah repot juga bila harus terus memencet tombol mouse selama menggerakkannya. Ada satu cara mudah lagi untuk menggunakannya, proses awalnya sama yaitu klik dua kali dan tahan, lalu sambil terus menahan klik (tetap di icon), klik juga tombol mouse kanan, akan muncul pilihan html, hex, delphi hex dll. Centang saja yang html (sebelumnya memang tercentang di opsi html). Lalu Anda bebas menggerakkannya tanpa perlu menahan lagi klik mouse. Semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. MAKASIH BANGETTTTTT...

    untuk balasannya saya akan kasih template blog ini http://sakonta.blogspot.com/

    untuk menerima templatenya silahkan email kesini: acepkamal@yahoo.com

    Kunjung balik... http://dewagadget.blogspot.com/

    baruu

    ReplyDelete
  2. Makasih tawarannya sob, templatenya keren n fast load. Tambah sedikit fitur lagi akan semakin bagus.

    Btw, kenapa dewagadget-nya dihapus sob? Padahal baru mau kunjung balik

    ReplyDelete
  3. .. langsung k-TKP achh,, he..86x. tenkz ya?!? ..

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015. Alur Kecil.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License
DMCA.com