Alasan Tidak Menggunakan Template yang Sudah Ada

Wednesday, June 26, 2013

Ketersediaan template di luar sana memang menjadi pilihan yang sangat baik bagi Anda yang ingin membuat sebuah situs pribadi atau sebut saja tempat menuangkan ide. Ketersediaan template seperti ini memang bisa menghemat waktu Anda dari keharusan belajar HTML atau coding-coding lain seperti CSS atau PHP. Namun, jika Anda mau membuat website untuk bisnis Anda, maka sebaiknya tidak menggunakan template yang ada diluar sana, baik itu template yang berbayar apalagi template gratisan.

Template

Ada alasan tertentu bagi Anda untuk tidak menggunakan template yang sudah ada untuk situs bisnis Anda. Salah satu alasan utamanya adalah faktor keunikan. Mesin pencari seperti Google sangat menyukai keunikan, konten original, template unik, dan tentu saja pelanggan Anda pun akan menyukai situs yang unik. Percayalah, akan ada nilai lebih yang diberikan Google pada situs-situs yang memiliki desain yang unik.

Desain situs Anda seharusnya adalah bagian dari orisinalitas, jadi mengapa situs bisnis Anda harus menggunakan template yang sudah pernah dijual kepada orang lain dan selanjutnya bakal dijual kembali? Coba pula bayangkan, apa perasaan pengunjung situs Anda bila ia sudah pernah melihat desain template Anda sebelumya disitus lain? Jadi saya kira bukanlah keputusan yang bijaksana untuk menggunakan template yang sudah ada.

Ketika situs/bisnis Anda semakin berkembang dan Anda memutuskan untuk menambahkan beberapa fitur baru dalam template yang Anda beli, mungkin ini akan menjadi pekerjaan yang sulit dan terkadang memang tidak "kompatibel" dengan template tersebut. Apalagi jika Anda tidak tahu soal coding, tentu saja Anda akan membutuhkan jasa orang lain untuk memodifikasinya dan akan butuh uang lebih untuk menjadikannya sesuai dengan apa yang Anda harapkan.
Bagaimana jika situs Anda sejak awal telah menggunakan template yang unik? template yang tidak ada duanya? Tentu saja saya yakin hasilnya akan lebih baik lagi
Anda mungkin saja berpikir bahwa Anda akan menghemat uang bila menggunakan template yang sudah ada, tapi kenyataanya, di saat Anda ingin memodifikasinya, Anda membutuhkan biaya yang lebih besar untuk jasa seorang desainer. Ok, anggap saja ini bukan masalah karena disaat bisnis Anda sudah berkembang, maka Anda tentu sudah mempunyai uang lebih untuk membayar desainer untuk memodifikasi template Anda. Tapi coba bayangkan, dengan template yang Anda beli sebelumnya dan template itu juga telah digunakan oleh situs-situs lain, situs Anda telah berkembang, bagaimana jika situs Anda sejak awal telah menggunakan template yang unik? template yang tidak ada duanya? Tentu saja saya yakin hasilnya akan lebih baik lagi.

Seorang perancang website profesional yang Anda gunakan jasanya untuk membuat template Anda tentu saja akan memenuhi semua keinginan Anda. Alhasil template yang digunakan tidak hanya akan bermanfaat digunakan sekarang, tapi juga bisa digunakan dan mudah dimodifikasi disaat situs Anda tumbuh berkembang atau membutuhkan perubahan. Tentu saja situs-situs semacam ini akan menjadi unik, yang dibuat hanya untuk Anda seorang, sehingga pengunjung akan dapat melihat perbedaan pada bisnis Anda dan menjadikan mereka memperoleh kesan di saat pertama kali mengunjungi situs Anda.

1 comment:

  1. Ada baiknya menggunakan template yang custom gan , lebih bagus tampilan nya dan bisa jga mendapatkan yg kita inginkan

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015. Alur Kecil.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License
DMCA.com