Mammoth Lyuba, Fosil Raksasa Dunia

Tuesday, April 17, 2012

Mammoth yang diberi nama Lyuba ini hidup 42.000 tahun lalu di Siberia. Ini merupakan fosil dari "raksasa dunia" terbaik yang diawetkan dan mulai dipamerkan di Hongkong pada 12 April lalu. Fosil bayi Mammoth ini ditemukan oleh seorang peternak rusa pada tahun 2007 lalu. Terawetkan oleh lapisan es di Siberia, lalu diberi nama Lyuba.

Mumi mammoth Lyuba
Para ilmuwan berniat untuk mengkloning mammoth Lyuba ini dengan fosil lain. Rusia dan Korea Selatan pada Maret lalu telah mendatangani kesepakatan survei bersama untuk menciptakan raksasa mammoth lainnya dari sel batang.

Idenya adalah dengan menggunakan teknologi yang mengekstrak nukleus dari sel beku, nukleus sel gajah biasa akan ditukar dengan nukleus dari sel mammoth. Embrio mammoth akan dimasukkan ke dalam rahim gajah dan akan menjadi spesies purba yang hidup kembali.

Siberia di dalam peta
Pada bulan Februari, peneliti Rusia mampu "menghidupkan" kembali sebuah bunga dari jaringan beku yang telah punah lebih dari 30.000 tahun di lapisan es Siberia dan ini menegaskan bahwa sebuah jaringan dapat tetap "hidup" selama ribuan tahun di dalam es. Hal ini akan membuka jalan untuk "menghidupkan" kembali mamalia purba yang telah punah.

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Alur Kecil.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License
DMCA.com