Tips Memilih Lensa Kamera Digital

Tuesday, May 1, 2012

Sebagian besar lensa kamera digital mempengaruhi hasil bidikan. Itu jelas, oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memiliki pilihan yang tepat  sebelum Anda memutuskan untuk membeli kamera digital atau lensa kameranya saja. Metode praktis dalam memilih lensa kamera di bawah ini akan membantu anda untuk meninggalkan hal-hal yang tidak perlu dan agar berkonsentrasi pada aspek-aspek penting atau tujuan anda dalam menghasilkan foto yang lebih baik. Faktor-faktor penting yang harus diperhatikan adalah jarak fokus, aperture (bukaan lensa), ketangguhan, tingkat zoom dan harga. Berikut adalah rincian dari faktor-faktor tersebut yang mungkin dapat membantu anda dalam membeli lensa atau kamera digital.

lensa kamera digital
Berbagai lensa kamera digital

Merek Lensa/Kamera Digital

Memperhatikan merek menjadi sangat penting bagi Anda yang belum mengetahui sama sekali tentang lensa/kamera digital. Dengan memilih merk yang lensa/kamera digital yang sudah ternama, anda tidak akan merasa ragu-ragu. Kepercayaan dan keahlian memang terkadang sudah menjadi milik dari sebuah merek ternama. Ini merupakan point pertama bila Anda "buta" dalam hal ini.


Jenis Lensa

Secara garis besar, lensa kamera dapat dikategorikan dalam 2 golongan besar yaitu Lensa Zoom dan Lensa Utama. Lensa utama dapat memberikan resolusi yang lebih besar tetapi anda tidak dapat memperbesar gambar dengan zoom. Lensa zoom tidak memerlukan pergeseran lensa biasa untuk mengambil berbagai macam foto.


Panjang Fokus

Ada berbagai jenis fotografi diantaranya fotografi landscape, fotografi satwa liar, fotografi olahraga dan lain-lain. Ini jelas memerlukan lensa kamera yang berbeda-beda. Panjang fokus lensa sangat membedakan kualitas dari setiap jenis fotografi. Dari waktu ke waktu, fotografer non profesional biasanya mengabaikan hal ini, yaitu satu jenis lensa dipakai untuk berbagai jenis fotografi. Tapi bila ingin hasil yang lebih maksimal, jelas kita harus memperhatikan hal ini.

Panjang fokus lensa dan pengubah fokus lensa perlu anda pertimbangkan saat anda memutuskan untuk membeli lensa/kamera digital.


Aperture Lensa

Ada 2 jenis aperture (bukaan lensa) yaitu lensa dengan aperture lebar dan lensa aperture kecil. Untuk fotografi yang cepat anda memerlukan lensa dengan aperture yang lebar yang memungkinkan penerimaan cahaya yang lebih besar untuk setiap bidikan cepat anda. Bukaan lensa yang kecil memungkinkan anda untuk menyaring cahaya tambahan, misalnya untuk fotografi outdoor.


Daya Tahan Lensa

Daya tahan lensa menjadi hal yang sangat penting mengingat harga lensa "kelas satu" biasanya mahal. Proses mengganti lensa kamera jelas akan menambah pengeluaran anda dan menghasilkan problem yang tidak diinginkan dalam keuangan anda. Jadi cermati dan pilih lensa/kamera dengan daya tahan yang terbaik.


Keterjangkauan Harga

Lensa kamera tidak dihasilkan dengan harga yang sangat murah. Namun itu tergantung dari fungsi lensa/kamera tersebut. Jika Anda mau untuk membandingkan pilihan harga lensa/kamera maka mungkin Anda akan mendapatkan kualitas terbaik dan dengan harga yang kompetitif. Cari informasi tentang ini , minta referensi dengan teman yang mengerti hal ini dan temukan lensa/kamera berkualitas baik dengan harga yang murah.

Kinerja fundamental dari lensa kamera sangat bertanggungjawab atas kualitas hasil jepretan Anda. Fotografer yang ahli biasanya telah melakukan berbagai evaluasi dari lensa-lensa dan mereka menggunakan lensa-lensa tersebut dengan gaya unik mereka sendiri. Apalag kita yang masih pemula, ada baiknya untuk mempelajari dasar-dasar dari fotografi dengan benar. Untuk hasil terbaik, ada perlunya kita juga melakukan evaluasi lensa kamera. Ok, semoga bermanfaat.

sumber gambar

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Alur Kecil.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License
DMCA.com