Berhenti Merokok Untuk Selamanya, Baca Ini !

Friday, October 19, 2012

Rokok telah menjadi masalah sekaligus sumber uang bagi ratusan juta orang. Di salah satu sisi banyak orang yang ingin berhenti merokok dan di sisi kecil lainnya tidak menginginkan seseorang itu berhenti merokok. Inilah fenomena dari si perokok dan perusahaan rokok.

Anda sudah mengetahui jika nikotin, tar dan ratusan racun lainnya yang terdapat di dalam rokok sangat mempengaruhi kesehatan. Bahkan bahan-bahan tersebut menjadi pemicu timbulnya kanker. Walaupun tidak tahu dengan bahaya dari zat-zat yang terkandung di dalam rokok ini, Anda sendiri sudah dapat merasakan perubahan pada diri Anda antara masa sebelum Anda merokok dan masa Anda merokok.

Stop merokok


Kapan Harus Berhenti Merokok?

Cari saat yang tepat untuk berhenti merokok. Jangan setelah Anda membaca tulisan semacam ini Anda langsung berhenti merokok, karena saya pikir itu sia-sia. Niat dan tekad Anda belum bulat artinya. Menentukan waktu untuk berhenti merokok secara sembarangan tidak akan membantu Anda untuk berhenti merokok. Kebanyakan tidak berhasil dan akibatnya intensitas merokok bertambah parah setelah pemberhentian sesaat ini.

Ibarat Anda sekarang sedang berada di penjara, dan Anda bisa pastikan kapan Anda akan keluar dari penjara. Jadi, tentukan dengan pasti kapan Anda kan berhenti merokok. Anda boleh menconteng sebuah tanggal di kalender, yang di tanggal itu sudah Anda pastikan itulah tanggal Anda nantinya berhenti merokok. Alangkah baiknya jika pada tanggal tersebut juga berbarengan dengan suatu momen penting bagi Anda.


Sudah Termotivasi Untuk Berhenti Merokok?

Rokok itu mahal, bahkan sejak dulu. Pernahkah Anda menghitung biaya yang Anda keluarkan selama menjadi perokok?. Disini saya anggap Anda cuma menghabiskan 1 bungkus rokok dalam 1 hari. Sebenarnya kenyataannya seorang perokok "sejati" merokok biasanya lebih dari 1 bungkus sehari. Coba anda hitung :

Asumsi 1 bungkus rokok Rp. 12.000
Dikalikan 365 hari (1 tahun), maka hasilnya  Rp 4.380.000
Dikalikan 10 tahun Anda sudah merokok, maka hasilnya Rp. 43.800.000

Wah, nggak tepat nih perkalian, kan 3-4 tahun yang lalu harga rokok jauh lebih murah. Iya, betul murah, murah bila dibandingkan dengan harga rokok saat ini. Tapi pada waktu itu, penghasilan Anda juga tidak sebesar saat ini, harga emas pada waktu itu juga tidak semahal harga emas saat ini. Jadi sama saja kan.

Ok, beberapa orang yang punya banyak uang jelas menganggap total biaya diatas masih murah alias tidak ada apa-apanya. Tapi pikirkan tentang kesehatan Anda, setiap batang rokok yang Anda hisap akan memotong umur Anda beberapa menit. Ah, umur kan ada di tangan tuhan, banyak koq perokok yang hidupnya panjang, temen saya yang bukan perokok malah mati mendadak.
Bau rokok itu memang enak dan harum bagi si perokok, namun sangat menyebalkan dan mengerikan bagi teman Anda
Yakin kematian ada di tangan tuhan? ya. Sebagai seseorang yang beragama, memang harus yakin dengan hal ini. Sehebat apapun sesuatu yang menimpa seseorang, jika tuhan belum waktunya mati, memang tidak mati. Anda sudah yakin kan.. Sekarang pergi keluar rumah dan kendarai motor di jalan raya dengan mata tertutup, jika belum waktunya mati, maka Anda tidak akan mati. Iya kan.. he... Intinya, takdir tuhan yang menentukan, namun manusia wajib berusaha.

Bau rokok itu memang enak dan harum bagi si perokok, namun sangat menyebalkan dan mengerikan bagi teman Anda. Teman Anda jelas akan menghindari Anda ketika Anda sedang merokok. Perilaku perokok itu buruk dan menebar kebencian! Intinya Anda tidak akan pernah sukses untuk berhenti merokok jika di dalam diri Anda tidak ada motivasi untuk berhenti merokok.


Taktik Perang Melawan Rokok

Jadi, Anda sudah siap untuk berhenti merokok? Anda sudah memiliki motivasi?. Sebenarnya alasan orang-orang tidak mau berhenti merokok adalah karena ketika berhenti merokok, maka tidak akan bisa merokok lagi haha....... Kan merokok itu enak. Nggak kebayang deh apa jadinya kalau berhenti merokok, pasti manyun terus kayak orang bego, kali.

Sekarang solusinya, kita buat penderitaan karena merokok itu lebih berat daripada penderitaan berhenti merokok. Bagaimana caranya?

Gampang, buat program latihan fisik pada saat yang sama saat Anda memutuskan untuk berhenti merokok, yaitu fitnes, maraton, triathlon atau semua olahraga fisik lainnya. Setelah beberapa hari, keinginan untuk merokok akan menyerang Anda. Namun, tahan saja dan alihkan dengan olahraga fisik seperti diatas. Saya kira Anda hanya perlu melewati fase sakau  karena rokok ini paling lama selama dua minggu. Setelah itu keinginan merokok akan hilang dengan syarat olahraga fisik tetap diteruskan.

Racun-racun dalam rokok


Ada baiknya Anda menghindari bergaul dengan perokok. Atau bila tidak bisa dihindari, lihat saja teman perokok Anda itu, perilakunya buruk kan? Nah, Anda tidak mau menjadi sepertinya lagi. Buang semua asbak dan embel-embel rokok yang sering Anda lihat, apakah itu dirumah atau di tempat kerja.

Waduh, capek nulis cara berhenti merokok untuk selamanya ini. Soal-tips-tips lainnya yang harus dihindari atau yang harus dilakukan saat berhenti merokok bisa Anda lihat dari artikel-artikel lain, sama saja koq. Saya hanya mengambil point motivasi untuk berhenti merokok saja. Sudah dulu ya, capek hehe... 
Yakinlah, Anda bisa berhenti merokok bahkan tanpa dukungan dari teman atau keluarga Anda.

2 comments:

  1. BUKAN BAKAR PABRIK ROKOKNYA, JANGAN MEROKOK. UCAPKAN DENGAN LIDAH TANAMKAN DALAM HATI AMALKAN DENGAN PERBUATAN.

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015. Alur Kecil.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License
DMCA.com