Blog Baru Langsung Masuk Google Sandbox

Monday, February 25, 2013

Awal bulan kemarin saya menyewa sebuah domain di Godaddy, ada sedikit diskon, jadinya harganya 5 dolar AS, lumayanlah untuk saat itu. Selama 1 mingguan, domain tersebut tidak saya apa-apakan, jadi statusnya terparkir secara gratis di Godaddy. Kulihat di search engine nama domain tersebut sudah di indeks.

Tiba saatnya saya membuat blog (masih di blogger), judul, artikel dan template semua sudah kupersiapkan dan akhirnya blog custom domain tersebut jadi. Setiap hari saya update satu artikel yang menurut saya kontennya unik.

Dalam dua hari, blog tersebut sudah terindeks oleh Google, dan saya pun cukup senang. Hingga hari ini kecepatan indeks untuk blog tersebut adalah maksimal 24 jam. Namun yang menjadi masalah, blog baruku ini berstatus masuk Google Sandbox, artinya konten di indeks namun tidak mau muncul di serp bila dicari dengan (bahkan) kata kunci yang paling spesifik sekalipun.

Sandbox

Selain itu, yang menjadi masalah berikutnya, belum ada satu gambar pun yang diindex kecuali gambar DMCA yang diletakkan pada sidebar kanan bawah blog. Tidak ada optimasi off page yang saya lakukan, karena saya terbilang blogger ortodok, otomatis tidak ada 1 pun backlink bagi blog saya tersebut.

Yang saat ini masih menjadi keraguan saya, apakah memang benar blog saya tersebut masuk Google sandbox atau ini hanya masalah waktu, yaitu masalah pengindeksan dan perankingan di serp?. Jika memang benar hanya masalah waktu, saya tidak cukup khawatir, dan saya biarkan saja. Tapi bila memang masuk Google sandbox, artinya perlu di optimasi dong. Hmmm... Apakah untuk saat ini proses perangkingan di serp untuk sebuah blog baru memang butuh waktu lama? Adakah sobat yang juga mengalami hal ini? Karena menurut pengalaman saya tidak seperti ini.

Membuat blog tanpa backlink, saya melakukannya bukan tanpa alasan. Ini didasari dari keberhasilan saya membuat blog-blog sebelumnya. Itu keberhasilan bagi saya, belum tentu untuk ukuran sobat he.. Kalau untuk blog ini, bisa saya katakan sangat berhasil. Berhasil menggado-gado artikel maksudnya hehe.. Blog-blog sebelumnya memiliki niche yang spesifik.
Ok lah, saya tunggu saja dalam 1 minggu kedepan, bila masih juga berstatus masuk Google sandbox, artinya harus dioptimasi dengan menyadari kesalahan yang tidak saya ketahui, lalu bertandang ke Google, meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi lagi. Atau sobat punya pendapat? Bantu saya dong..

UPDATE
(2 Maret 2013)

Masalah selesai. Ternyata hanya butuh waktu untuk penempatan posisi di SERP.

1 comment:

 
Copyright © 2015. Alur Kecil.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License
DMCA.com