Friday, April 20, 2012

Cara Termudah Untuk Membangun Kekayaan

Hampir setiap orang memiliki obsesi untuk memperoleh kekayaan. Salah satunya dengan cara menjadi politisi atau artis, banyak kita dapati informasi-informasi dari majalah yang mengupas tentang gosip kekayaan mereka. Banyak orang yang menghabiskan sebagian besar hidup mereka untuk mengejar kekayaan. Bila kita mau mengakui, kita adalah makhluk yang terobsesi dengan uang.

Tapi kebanyakan orang salah persepsi mengenai uang. Mereka tidak benar-benar tahu bagaimana cara mendapatkannya, atau bagaimana cara untuk terus meningkatkannya. 


Jika anda tertarik untuk menjadi kaya, disini ada beberapa rumus sederhana untuk mencapainya. Bahkan, jika kita mengikuti rumus sederhana ini, hampir dijamin anda dapat membangun kekayaan yang membuat anda termasuk dalam 5 % orang yang kaya dari masyarakat. Seperti iklan sampo yang mengatakan : "Ini tidak terjadi dalam semalam, tetapi akan terjadi".


Cara yang paling sulit untuk menjadi kaya
Sebelum kita masuk ke formulanya, sebelumnya saya akan ceritakan tentang cara-cara "keras" untuk menjadi kaya. Salah satu cara yang paling sulit untuk menjadi kaya adalah dengan cara dilahirkan dari orang tua yang miliarder. Sulit kan? hehe.... Jika anda kebetulan terlahir di dunia ini sebagai anak dari Hilton, Bill Gates, atau Windsor, maka hidup ini kan manis. Tapi karena 99,9999% dari populasi manusia tidak begitu beruntung, kami asumsikan anda termasuk ke dalam prosentase yang "tidak beruntung" itu.

Dan berbicara tentang peruntungan, perjudian merupakan cara lain yang paling sulit untuk menjadi kaya. Tentu, beberapa orang memenangkan perjudian besar, tapi kebanyakan tidak. Anda mungkin dapat berjudi selama hidup anda tapi yakinlah bahwa persentase bangkrut adalah sangat besar.

Ketika kita masih kecil, kita berfikir bahwa cara termudah untuk kaya adalah menjadi terkenal melalui beberapa jenis ide-ide/karya atau tindakan kreatif kita. Stephen King memperoleh kekayaan dari menulis novel, so why not me?

Tapi kita sepertinya sekarang kita jauh lebih bijaksana dan menyadari bahwa sebagian besar karya novelis tidak pernah diterbitkan. Dari mereka yang mendalami pekerjaan tersebut, sering berkubang dalam ketidakjelasan. Hanya sedikit dari buku/novel yang diterbitkan masuk dalam daftar buku terlaris dan hanya 1 dalam 1 juta yang akan mencapai kekayaan yang berarti.

Nasib yang sama juga menghampiri para musisi, pendiri perusahaan software, olahragawan dan pembuat website. Untuk setiap 1 website yang menghasilkan miliaran rupiah, maka ada 1 juta website yang kehilangan uang. Kreativitas adalah cara yang paling menyenangkan dan efektif untuk menjadi kaya, tetapi ini juga merupakan cara yang sulit.

Alasan media mengekspose tentang tokoh terkenal yang telah membangun kekayaan melalui kreativitas adalah karena mereka begitu langka. Sebaliknya kita jarang membaca atau mendengar tentang sebagian dari orang-orang yang berkubang dalam ketidakjelasan dan miskin penghasilan, itu karena mereka bukan topik yang menarik untuk diberitakan. "Seorang pemuda jenius mendapatkan 1 miliar dolar dari sebuah website", ini judul besar yang menarik kan. Coba baca yang ini "Sepuluh ribu pemuda jenius tidak menghasilkan apa-apa dari kerja keras mereka", tetap menarik?

Saya tidak menyarankan anda untuk mengubur mimpi, karena mimpi adalah salah satu bagian penting dari kehidupan. Artikel ini mengupas bukan tentang cara yang paling menyenangkan untuk menjadi kaya, tapi ini mengenai cara termudah untuk menjadi kaya.

Oke, ini rumusnya :

LANGKAH 1 : Dapatkan pekerjaan yang bergaji
Jelas harus dengan gaji yang wajar ya. Ini merupakan cara yang hampir dijamin untuk membuat penghasilan menjadi lebih baik. Hampir setiap orang cerdas bisa mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan 100.000 dolar atau lebih untuk jangka waktu beberapa tahun. Meskipun bukanla hal mudah, ini merupakan cara termudah dan paling mungkin untuk mendapatkan kekayaan. Bahkan penulis (bukan saya hehe...) sudah mendapatkan lebih dari 100.000 dolar pertahun dengan menulis artikel seperti ini.


LANGKAH 2 : Ketahui pajak anda
Ketika kita "membuat uang", ada 1 beban yang mungkin tidak anda sukai yaitu membiayai pemerintah alias pajak. Di sebagian besar negara maju, rata-rata pajak penghasilan adalah 30 % dari total penghasilan pekerja. Kalau di Indonesia? masih lebih murah kan. Jika anda memang serius untuk membangun kekayaan ada baiknya untuk menggunakan jasa akuntan untuk meminimalisir pajak yang harus anda bayar. Tapi bukan dengan memalsukan data ya...


LANGKAH 3: Simpan 20% dari setiap penghasilan anda
Segera setelah anda menerima uang/gaji, sisihkan 20% dari jumlah total untuk ditabung. Ada baiknya bekerjasama dengan bank agar bank dapat melakukannya secara otomatis. Pisahkan dan "jauhkan" rekening tabungan dengan rekening pengeluaran anda, maka anda tidak akan "kehilangan" uang ini. Pilihlah jenis tabungan yang baik dan menguntungkan dan yang sangat ideal untuk tujuan ini.

Ada pepatah dalam ekonomi "expenses rise to meet income". Ini berarti uang yang sudah "tersedia" bagi anda hampir pasti akan dikeluarkan. Itulah sebabnya kebanyakan gaji orang-orang sudah habis sebelum gajian berikutnya. Mereka sudah terbiasa dalam jumlah tertentu untuk berbelanja dan terbiasa dalam menarik uang dari rekening mereka.


LANGKAH 4: Secara konservatif, investasikan dana yang terkumpul di rekening tabungan anda setiap bulan dalam 3 aset inti konservatif yaitu : saham, properti dan uang tunai.
Buka rekening reksadana saham yang terpercaya, dana propert untuk properti, dan dana pasar uang. Carilah investasi saham dan properti yang menggunakan biaya yang sangat rendah. Index fund sangat ideal untuk saham. Property index sangat ideal untuk properti.

Masukkan jumlah yang sama untuk setiap investasi. Hal ini akan mendiversifikasi anda terhadapa kemungkinan risiko merugi dalam satu aset tertentu. Jika anda masih muda, aturan ini bisa sedikit fleksibel, jika anda suka anda boleh melebihkan dana/modal di salah satu investasi.


LANGKAH 5: Menginvestasikan kembali pendapatan yang anda dapatkan dari investasi-investasi anda untuk kembali di investasikan.
Reksadana dan dana properti menghasilkan dividen dan akun pasar uang menghasilkan bunga. Jangan mengambil dana ini untuk pengeluaran anda. Sebaiknya investasikan kembali kedalam investasi yang menghasilkan tersebut.


LANGKAH 6: Jangan pernah menarik dana investasi
Setiap hari kita mendapatkan informasi tentang saham yang meroket, properti yang menurun atau pasar uang yang naik turun. Semua adalah spekulasi.

Dengan hanya menempatkan 20% dalam aset anda. Kadang-kadang mereka akan naik dan kadang-kadang juga akan turun nilainya. Tapi dalam jangka panjang, hampir dapat dipastikan selalu naik dan menguntungkan.


LANGKAH 7 : Tunggu 1 dekade
Apakah dengan rumus diatas anda akan menjadi kaya?. Tentu, tapi mungkin anda masih jauh dari Bill Gates, tetapi mungkin anda termasuk ke dalam 20% orang yang "memegang" uang. Tunggu dekade berikutnya, maka anda akan berada di jajaran 5% atau bahkan lebih tinggi lagi.

Begitulah rumusnya. Saya akui ini memang bukan cara yang menarik atau populer untuk menghasilkan kekayaan, tapi ini adalah cara termudah dan sederhana. Kebanyakan orang mencapai kekayaan dengan cara ini. Bila mau, ikuti jalan ini dan bergabung dengan mereka yang sudah berhasil dengan cara ini.


3 comments:

Informasinya sangat menginspirasi,
sekedar menambahkan bahwa Aset yg paling berharga adalah Networking
makin banyak teman banyak rejeki adalah benar.

Informasi yang sangat bermanfaat

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More