Bagaimana Membuat Blog Yang Berkualitas

Wednesday, May 2, 2012

cara membuat blog berkualitas
Dengan blog/situs yang berkualitas, bukan hanya kesenangan batin yang kita dapatkan tapi lebih dari itu. Secara financial, suatu blog yang berkualitas dapat dijadikan pondasi dari pemasukan keuangan Anda. Banyak dari kita yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara membuat situs yang berkualitas.

Meskipun tidak ada satu jawaban yang tepat, faktor yang terpenting untuk menjadikan suatu situs itu berkualitas adalah dengan membuat konten yang bekualitas pula dan memberikan solusi atau hiburan bagi pengunjung blog Anda. Berikut saya uraikan sedikit point penting mengenai bagaimana merancang dan mengatur isi blog/situs agar blog menjadi seperti yang kita harapkan.


Jangan membuat beberapa halaman atau situs dengan duplikat konten

Jauh lebih baik membuat satu blog yang berkualitas daripada ratusan blog dengan konten yang membosankan dan tidak jelas ujung pangkalnya. Fokuslah pada satu situs dan perkaya informasinya dengan konten unik dan bermanfaat bagi pengguna. Satu kalimat yang saya ingat dari kang Azmi (buka-rahasia.blogspot.com) : "konten dibuat untuk dibaca". Keluarkan kemampuan terbaik dari diri anda dalam membuat konten yang enak dibaca oleh pengunjung blog Anda.

Dan satu hal lagi, tentang navigasi blog. Bila seseorang melakukan aktivitas browsing, mereka biasanya ingin menemukan apa yang mereka cari dengan cepat, mudah dan tepat tanpa harus melalui navigasi situs bertele-tele dan memusingkan.


Menyediakan konten yang memberikan pengunjung alasan untuk mengunjungi atau kembali ke situs Anda

Bila Anda membuat konten di blog Anda, tanyalah pada diri Anda sendiri apakah konten tersebut memiliki nilai substansial dan service yang lebih ketimbang konten-konten yang mirip di blog lain. Jadi diperlukan upaya untuk membuat konten yang unik-asli yang membuat blog Anda di mata pengguna lebih baik dari blog lain. Selain mendapatkan posisi yang bagus di halaman pencarian Google, konten-konten seperti ini akan menghasilkan pengunjung-pengunjung setia.


Berikat informasi yang tepat

Banyak Blogger membuat blog salah satunya adalah untuk menawarkan produk atau layanan, pengunjung disuruh menavigasi beberapa halaman iklan terlebih dahulu sebelum menuju ke "sasaran" atau bahkan tidak menuju sasaran sama sekali. Hal ini menjadikan blog tersebut bernilai negatif di mata pengunjung dan membuat blog Anda dianggap sebagai blog yang tidak dapat dipercaya. Gunakan kata kunci atau link secara tepat berikut penempatannya agar konten anda tetap enak dibaca. Pastikan pengguna dapat dengan mudah menavigasi blog Anda untuk menemukan apa yang mereka cari.


Tidak ada jalan pintas untuk sukses

Membangun blog yang berkualitas tinggi membutuhkan usaha dan waktu yang tidak sedikit. Banyak Blogger yang fokus terhadap pengunjung mereka daripada menerapkan teknik cepat dan curang, merekalah yang pada akhirnya menjadi pemenang.

referensi
sumber gambar

7 comments:

  1. Info bagus sob, semoga blog saya juga termasuk ke katogori tersebut :P

    ReplyDelete
  2. Fajar@ Blog Agan bagus. Semoga saja

    ReplyDelete
  3. sukses memang butuh tahap dan kesabaran mas. tidak bisa instan. Memang setiap orang mempunyai bakat dan kemampuan berbeda tinggal gimana mengasahnya.

    ReplyDelete
  4. Blog Raharja@ Ya betul. Sepakat dengan Anda.

    ReplyDelete
  5. info yang keren gan,,,bisa di coba ne.
    sukses gan..

    http://furniturjepara.com/kursi-tamu-jati-klasik/

    ReplyDelete
  6. Yup, budayakan mengisi blog dengan konten yang berkualitas..

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015. Alur Kecil.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License
DMCA.com